Guru Harus Mampu Hidupkan Literasi di Kelas Maya

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRjogja.com – Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Amich Alhumami mengatakan guru harus meningkatkan budaya literasi siswa di masa pandemi. Salah satunya dengan menghidupkan literasi melalui kelas maya selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Usia anak 6 hingga 10 tahun itu merupakan yang sangat penting sekali dalam menumbuhkan budaya literasi. Anak yang tidak bisa membaca pada usia itu akan sangat berisiko dalam pengembangan literasi di umur-umur selanjutnya,” ujar Amich di Jakarta, Rabu (24/3 2021).

Oleh karena itu, para guru dan juga orang tua memegang peranan penting dalam menumbuhkan budaya literasi. Para guru dapat menumbuhkan budaya literasi tersebut melalui kelas maya. “Bisa dengan membaca buku apa saja sebelum kelas dimulai dan para siswa dapat membacanya secara bergiliran,” terang dia.

Amich menambahkan para guru harus telaten dan sabar dalam membimbing siswa dalam meningkatkan minat bacanya. Begitu juga orang tua di rumah perlu memastikan anaknya bisa melakukan kebiasaan membaca di rumah.

Literasi yang rendah justru bisa dipastikan akan menimbulkan konsekuensi lain yang lebih memakan biaya dan menyita waktu. Konsekuensi yang dirasakan akibat literasi yang rendah yakni tidak produktifnya SDM saat memasuki dunia kerja.

BERITA REKOMENDASI