Guru Honorer Bakal Diangkat Jadi CPNS

DEPOK, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyetujui pengangkatan guru honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai tahun ini guna mengatasi kelangkaan tenaga pengajar.

"Kami sudah  bicara dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) tentang kekurangan guru ini. Tahun ini, guru honorer akan diangkat CPNS," demikian Wapres Jusuf Kalla saat  memberikan inspirasi kepada peserta rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan (RNPK) 2018 di Sawangan,Depok Jabar, Rabu (07/02/2018).

Hal ini, lanjut Wapres sudah dibicarakan degan Presiden Joko Widodo dan menyetujuinya. Namun, pengangkatan tetap memenuhi persyaratan yang diatur oleh regulasi. "Presiden sudah setuju mengangkat guru honorer menjadi CPNS. Ini agar tidak ada lagi guru yang gajinya Rp 400 ribu. Mungkin karena gaji kecil ini makanya tidak dihargai murid, seperti kasus di Sampang, Madura," tuturnya.

Wapres JK menyampaikan doa atas meninggalnya seorang guru di Madura yang telah berjuang walau gaji Rp 400 ribu (per bulan). Penganiyaan yang dilakukan oleh murid tersebut menunjukkan dunia telah berubah. Siswa-siswa kini banyak yang berani melawan gurunya. 

"Padahal jaman dahulu, siswa-siswa di sekolah amat patuh dengan guru mereka. 
Kalau dulu di kampung saya, ada adat yang mengatakan mencela atapnya rumah guru saja tidak boleh, apa lagi melawan guru. Faktor-faktor ini tentu menjadi bagian bagaimana kita memajukan pendidikan," ujarnya. (Ati)

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI