Gus Muwafiq Ingatkan Perlunya Merawat Indonesia

SOLO, KRJOGJA.com – H Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal dengan Kyai Muwafiq atau Gus Muwafiq mengatakan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku yang heterogen harus dirawat.

"Dulu untuk membangun baladil amin (negeri yang aman), Rasulullah bekerja sama dengan bangsa yang berbeda agamanya. Dan untuk membangun amanu wa 'amilus shalihat (beriman dan beramal shalih) adalah kepada orang Islam,” papar Gus Muwafiq saat berlangsung 'Kenduri Nusantara, Doa anak negeri bersama Gus Muwafiq
Merawat NKRI, menjaga Indonesia di Benteng Vastenburg, Solo, Minggu (3/3/2019).

Diakui oleh Gus  Muwafiq, di Timur Tengah, ada kecenderungan banyak yang menginginkan amanu wa 'amilus shalihat, beriman dan beramal shalih,  tapi melupakan adanya baladil amin atau negeri yang aman. “Apa Indonesia mau jadi negeri tidak aman  seperti Afganistan?,” ujar Gus Muwafiq yang disambut teriakan koor yang hadir..tidakkk..

Dipaparkan masuknya agama Islam ke Indonesia merupakan proses panjang yang dibawa oleh Wali Sanga. "Sangat mengherankan kalau ada oknum mengaku ulama tapi meniadakan peran wali dengan mengatakan ajaran Islam harus murni diperoleh dari Arab Saudi termasuk mewajibkan untuk pria harus memakai celana congklang, wanitanya ber burqa hanya kelihatan matanya.Itu budaya Arab tanah padang pasir tidak cocok dengan budaya Indonesia yang santrinya pakai sarung, santriwati memakai hijab atau jilbab,"paparnya.

Di era milenial apalagi berbarengan dengan pemilihan presiden (Pilpres) Gus Muwafiq berpesan agar para pendukung #01 tidak menjelek-jelekkan pak Prabowo, sebaliknya pendukung #02 tidak menghujat pak Jokowi. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI