Hadapi Arus Mudik, Intensifkan Cek Keselamatan Angkutan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta jajarannya untuk mengintensifkan pengecekan aspek keselamatan angkutan jalan menjelang masa mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

“Pada tahun ini keinginan masyarakat untuk mudik sangat tinggi. Selain kita harus intensif berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 terkait penerapan protokol kesehatan, juga harus mengintesifkan pengecekan terkait aspek keselamatan,” kata Budi Karya saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Ditjen Perhubungan Darat Tahun 2022 di Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Menhub mengatakan, pengecekan ramp check terhadap kelaikan angkutan jalan seperti bus, harus dilakukan dengan detail dan sejak dini. “Dalam diskusi dengan Kakorlantas, ramp check khususnya kepada bus pariwisata harus dilakukan. Jangan abai, karena kalau sudah dekat-dekat Lebaran kita susah untuk mengontrol. Kita tidak ingin nanti tiba-tiba ada kejadian (kecelakaan),” ujarnya.

Menhub menuturkan, selain melakukan pengecekan terhadap kelaikan kendaraan, pengecekan juga dilakukan terhadap para pengemudi. Menhub juga meminta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) bekerja sama dengan Dinas Perhubungan di daerah dan juga Kementerian Kesehatan, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para pengemudi bus di terminal.

“Kita ingin sopir diperiksa kesehatannya, apakah ada darah tinggi, atau penyakit lainnya, yang dapat membahayakan keselamatan. Pastikan mereka dalam keadaan sehat, berkendara dengan santun, tidak ugal-ugalan,” katanya.

BERITA REKOMENDASI