Hadapi Era 4.0, SDM Harus Dipersiapkan

JAKARTA,KRJOGJA.com – Masyarakat Indonesia harus disiapkan dalam menyambut revolusi industri 4.0 sehingga diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM)  melalui pendidikan dan juga prmanfaatan untuk ekonomi. 

DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar lokakarya nasional yang fokus dalam bidang pendidikan dan ekonomi. Lokakarya nasional ini menjadi penting, karena gelombang industri 4.0 menuntut adaptasi yang cepat dari masyarakat.

Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo mengatakan, masyarakat harus disiapkan dalam menyambut revolusi industri 4.0 harus. Salah satunya dengan menghilangkan gap dalam penggunaan internet.

“Industri 4.0 ini menciptakan perubahan besar di bidang ekonomi mengubah cara orang berproduksi, distribusi, dan konsumsi. Sementara di dunia pendidikan, memberi pilihan-pilihan bagaimana siswa belajar,” ujar Prasetyo di Jakarta, Kamis  (12/9). 

Acara dibuka Wakil Ketua DPR Utut Adianto sekaligus menjadi pembicara kunci. Secara parallel, lanjut Prasetyo, LDII mendorong warganya untuk memanfaatkan internet dalam pendidikan dan ekonomi. “Beberapa warga LDII telah bergiat di bidang internet, baik di bidang pertanian, pendidikan, dan ekonomi,” jelas Prasetyo.

Era disrupsi yang memindahkan aktivitas sosial, politik, dan ekonomi dari alam nyata ke alam maya, memang berdampak serius. Menurut Prasetyo, umat manusia sebelumnya tak berpikir bahwa dunia bisa seperti ini. (Sim)

BERITA REKOMENDASI