Hadapi Varian Covid-19 Omicron, Satgas Covid Himbau Tenang dan Waspada

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Masyarakat harus tetap tenang dan waspada menghadapi varian Covid 19 Omicron. Varian Covid-19 Omicron menjadi salah satu fokus pemberitaan yang diserbarluaskan oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Demikian Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito,di Jakarta Jumat (3/12 2021). Masyarakat dihimbau agar kita tetap tenang dan tetap waspada dengan varian virus baru corona B.1.1.529 atau varian Omicron.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, tidak ada perbedaan gejala yang dialami pasien terinfeksi Omicron dengan varian Covid lainnya. Temuan ini berdasarkan laporan awal dari Afrika Selatan, negara yang mendeteksi Omicron pertama kali.

“Mirip-miriplah dengan varian yang sudah ada dan juga ditemukan beberapa individu yang asimtomatik, tidak punya gejala sama sekali,” katanya .

Ditetapkan sebagai variant of concern (VoC) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Penetapan VoC ini biasanya berdasarkan tiga indikator.

BERITA REKOMENDASI