Hakim Tolak Bukti Keterlibatan Setnov

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – KPK menegaskan memiliki bukti kuat untuk menjerat Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Salah satu bukti tersebut berupa rekaman percakapan Setnov dengan sejumlah pihak terkait proyek yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan, dalam rekaman tersebut, sangat jelas Setnov membicarakan proyek e-KTP dengan sejumlah pihak terkait.  "Ya sebenarnya kalau melihat rekaman itu kita yakin banget (penetapan Setnov sebagai tersangka), karena yang ngomong siapa, kemudian yang diomongkan apa (jelas ketahuan)," kata Agus.

Bukti rekaman itu yang sedianya bakal diputarkan pada sidang praperadilan Setnov kemarin. Namun hakim tunggal Cepi Iskandar tak mengizinkan bukti rekaman tersebut diputar. Hakim beralasan, pemutaran rekaman melanggar asas praduga tak bersalah bila dalam rekaman tersebut ada nama Setnov.

Agus menyayangkan hakim praperadilan tak mengizinkan rekaman itu diperdengarkan. Padahal, kata Agus, rekaman itu merupakan salah satu bukti kuat yang dimiliki pihaknya untuk menetapkan Setnov sebagai tersangka. (*)

BERITA REKOMENDASI