Harga BBM Bisa Turun

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memandang, dengan kondisi harga minyak dunia yang masih terus turun, memungkinkan PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Anggota BPK Achsanul Kosasih mengatakan, dengan harga minyak dunia yang rendah, seharusnya bisa menjadi pertimbangan Pertamina menekan lagi harga BBM agar juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Ya, memang dengan harga minyak yang turun, di satu sisi, Pertamina sangat diuntungkan. Apalagi untungnya juga dia besar. Seharusnya harga BBm masih bisa turun lagi agar masyarakat bisa turut menikmati," kata Achsanul di Jakarta.

Berdasarkan laporan keuangan Pertamina pada semester I 2016, keuntungan PT Pertamina (Persero) dari penjualan BBM subsidi mencapai Rp 8,3 triliun. Hal itu dinilai sangat besar untuk kondisi harga minyak dunia yang masih fluktuatif bahkan cenderung rendah.

Maka dari itu, Achsanul mengungkapkan, tidak sepantasnya Pertamina mengeruk untung besar dari penjualan BBM subsidi sehingga rakyat banyak menjadi korban. (*)

BERITA REKOMENDASI