Harga Minyak Mentah Dunia Kembali Melonjak

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Harga minyak mentah Brent berhasil menanjak pada perdagangan Selasa (05/06/2018), waktu Amerika Serikat (AS). Sehari sebelumnya, Brent sempat tertekan ke level terendah dalam kurun sebulan menyusul laporan pemerintah AS yang telah meminta Arab Saudi dan negara eksportir minyak utama dunia untuk meningkatkan produksinya.

Harga minyak mentah Brent di pasar berjangka naik US$0,09 atau 0,12 persen menjadi US$74,38 per barel. Selama sesi perdagangan berlangsung, Brent sempat terperosok hingga US$73,81 per barel, terendah sejak 8 Mei 2018.

Kenaikan juga terjadi pada harga minyak mentah di pasar berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) sebesar US$0,77 atau 1,2 persen menjadi US$65,52 per barel. Di awal sesi perdagangan, WTI sempat menyentuh level US$64,22, terendah sejak 10 April 2018.

Selisih harga terkecil antara Brent dan WTI selama sesi perdagangan adalah US$9,38 atau pulih dari pekan lalu yang sempat mencapai US$11,57, terlebar sejak Maret 2015. Menurut Presiden Ritterbusch and Associates Jim Ritterbusch perbedaan kedua harga acuan terlalu berlebihan sehingga memicu aksi ambil untung.

Tiga sumber dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan pelaku industri menyatakan pemerintah AS secara tidak resmi meminta Arab Saudi dan beberapa negara anggota OPEC untuk meningkatkan produksinya. Ddiketahui pemerintah AS meminta produsen minyak untuk mengerek produksinya sekitar 1 juta barel per hari (bph). (*)

BERITA REKOMENDASI