Harga Premium dan Solar Batal Berubah

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah akhirnya memutuskan tidak mengubah harga BBM bersubsidi. Kebijakan ini resmi berlaku mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2016.

" Harga BBM (bersubsidi) tidak berubah," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman (IGN) Wiratmaja Puja dalam keterangannya, Jumat (30/09/2016) malam.

Dengan keputusan tersebut, harga premium penugasan dipastikan tetap berada pada kisaran Rp6.450 per liter. Sementara Harga solar bersubsidi sebesar Rp5.150 per liter dan harga minyak tanah tetap Rp2.500 per liter.

Wiratmaja sebelumnya menuturkan hasil evaluasi pergerakan harga premium menunjukan BBM bersubsidi ini bisa diturunkan sebesar  Rp300 per liter. Sebaliknya, harga solar seharusnya naik Rp500-600 per liter.

Tapi, dalam menetapkan harga BBM bersubsidi, pemerintah mempertimbangkan situasi perekonomian, daya beli, serta ekonomi riil dan sosial masyarakat. Karena harganya ditahan, Wiratmaja mengatakan akan ada kelebihan harga premium dan kerugian pada harga solar. (*)

BERITA REKOMENDASI