Harga Tiga Bahan Pokok Mulai Naik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA‎, KRJOGJA.com – Sedikitnya tiga komoditas bahan pokok alami kenaikan harga jelang Natal dan tahun baru. Komoditas tersebut adalah beras, ayam dan telur.

‎Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, harga beras medium mengalami kenaikan sekitar 0,3 persen. Meskipun demikian, harga beras di sebagian besar wilayah masih berada di bawah batas harga eceran tertinggi senilai Rp 9.450.

"Memang ada beberapa daerah yang harganya di atas HET. Namuns ebagian besar masih di bawha HET,"ujar Enggar‎ setelah rapat koordinasi di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Kementrian Perdagangan memastikan stok beras menjelang natal dan tahun baru aman dan harganya terkendali. Sebanyak 82 kabupaten/kota di Indonesia berpotensi memiliki tingkat penyerapan yang tinggi pada akhir tahun ini.

Menurut Enggar, Kementrian Perdagangan mengintensifkan operasi pasar beras medium ke daerah-daerah yang memiliki potensi penyerapan tinggi tersebut. "Bali yang biasanya tinggi, saat ini agak turun karena situasi bencana alam kemarin," ujar dia

Meskipun demikian, Enggar mengatakan, semua daerah tetap dalam pemantauan Kementrian Perdagangan. "Untuk daerah-daerah yang harga berasnya tinggi, kami akan terus lekaukan operasi pasar. Berapapun permintaannya kami keluarkan,"ujar dia.

Enggar menegaskan stok beras Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan operasi pasar tersebut. Apalagi awal tahun merupakan musim panen raya. (*)

BERITA REKOMENDASI