Hari Ini 9 Ton Obat dan Alat Medis Bantuan China Masuk Jakarta

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak sembilan ton obat dan beberapa peralatan medis untuk melakukan percepatan penanganan pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia, akan tiba di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo mengungkapkan, penyerahan bantuan alat kesehatan hasil kerja sama antara Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (China) dan Pemerintah Republik Indonesia itu akan dilaksanakan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

“Penyerahan tersebut akan dilakukan di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta,” kata Agus dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Sekadar diketahui, sejumlah alat kesehatan dari China itu berupa masker sekali pakai, masker N95, pakaian pelindung tubuh, kacamata pelindung, sarung tangan karet, penutup sepatu, thermometer inframerah, dan penutup kepala untuk operasi.

Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan telah meminta kepada TNI untuk menyiapkan pesawat mengambil obat dan beberapa perlengakapan medis tersebut.

Penangkutan alat-alat kesehatan ke Tanah Air itu tertuang dalam Surat Menhan RI Prabowo Subianto dengan No B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020. Kementerian Pertahanan juga sudah membentuk tim khusus penanganan virus corona.

BERITA REKOMENDASI