Harimau Positif Corona Diduga Akibat Mutasi Virus

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Seekor harimau di kebun binatang Bronx, Amerika Serikat, dinyatakan positif terinfeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19. Selain berdasarkan hasil pemeriksaan, harimau bernama Nadia itu juga menunjukkan gejala batuk kering seperti manusia yang terinfeksi Covid-19.

Ketua Forum HarimauKita, Ahmad Faisal mengaku belum dapat menyimpulkan penyebab harimau tersebut bisa tertular Covid-19. Dia mengaku belum ada penelitian yang benar-benar menjelaskan Covid-19 menular pada hewan.

Namun, dia menduga mutasi virus menjadi penyebab harimau tersebut tertular Covid-19. Sebab, dia berkata virus bisa bermutasi dari hewan ke manusia dan sebaliknya.

“Pada prinsipnya benar bahwa mutasi adalah sifat alami virus sehingga kemungkinan adanya penyakit yang disebabkan oleh virus di hewan bisa menular ke manusia dan juga sebaliknya dapat terjadi,” ujar Faisal.

Faisal menuturkan hal penting yang jadi pelajaran pada pandemi Covid-19 ini adalah bagaimana manusia dapat bijak dalam membatasi pemanfaatan satwa liar yang tidak perlu, seperti menjadikan hewan peliharaan dan atau bahan konsumsi.

Dia berkata perilaku itu sebenarnya yang menjadikan manusia rentan terhadap risiko penularan penyakit seperti Covid-19 dan juga berbagai penyakit lainnya yang agen penyebabnya berada di satwa liar tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI