Harlah Pancasila, Menpora Kenakan Pakaian Khas Madura

JAKARTA, KRJOGJA.com – Nuansa keberagaman Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika terlihat pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di halaman Gedung Pancasila, Gambir, Jakarta, Kamis (1/6) pagi. 

Jajaran menteri kabinet kerja menggunakan pakaian adat dari daerah masing-masing, salah satunya Menpora Imam Nahrawi yang menggunakan baju Sakera sebagai ciri khas dari Madura, Jawa Timur.  Mengenakan baju serta celana hitam longgar dengan kaos garis-garis merah putih dengan dilengkapi tutup kepala, kain sarung, dan ikat pinggang, Menpora bersama jajaran menteri lainnya terlihat begitu khidmat mengikuti jalannya proses upacara. 

Presiden Jokowi dan JK sendiri pada upacara itu juga menggunakan pakaian adat khas Betawi dengan motif warna hitam  Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai Ispektur Upacara menegaskan bahwa Pancasila perlu lebih didalami, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menpora usai mengikuti jalannya upacara menyampaikan bahwa Pancasila perlu selalu dirawat dan dijaga karena didalamnya ada ruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. "Kita hidup di rumah yang dimana Pancasila menjadi pondasi, Pancasila telah menaungi kita semua, Pancasila meenjadi pintu, jendela, dan Pancasila yang membuat kita aman, nyaman, dan damai. Karenanya Pancasila harus menjadi ruh, semangat, dan bagian nadi kehidupan kita sebagai Bangsa Indonesia" kata Menpora. (*)

BERITA REKOMENDASI