Harmoni dari Desa Lestari, Revitalisasi Desa Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

BERAWAL dari keprihatinan terhadap fenomena desa yang semakin terpinggirkan karena sumber daya alam yang terus menerus diambil dan ditinggalkan oleh generasi muda yang terampil dan berpendidikan, timbulah gagasan untuk merevitalisasi desa bersama masyarakat melalui program The 4th International Conference on Village Revitalization (ICVR).

Program ini berawal dari kegiatan UMKM di desa (Magno dan Spedagi Bamboo Bike) yang kemudian melahirkan social movement bernama Spedagi.

Sebagai acara pembuka menuju The 4th ICVR pada September 2021 mendatang dan Festival Kabupaten Lestari pada November 2021, Spedagi Movement, Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Bhumibhagya bersama dengan mitra gotong royong lainnya, menyelenggarakan diskusi interaktif “Harmoni dari Desa Lestari: Nostalgia Kala Nanti” secara daring pada 21-22 April 2021 yang difasilitasi oleh SMESCO Indonesia.

Diadakannya diskusi interaktif ini bertujuan untuk membangun kolaborasi multipihak yang kuat mulai dari pemerintah, swasta, serta masyarakat untuk mengembangkan sebuah tatanan kehidupan desa yang maju, sejahtera, lestari dan mandiri, serta mampu menjadi penggerak ekonomi sebagai elemen penting pemulihan ekonomi nasional.

BERITA REKOMENDASI