Hasil RPNK, Penerimaan CPNS Guru Dilakukan Setiap Tahun

DEPOK, KRJOGJA.com – Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 resmi ditutup Rabu (13/2 2019). Salah satu hasil RNPK 2019 yakni pembukaan formasi CPNS untuk guru secara periodik setiap tahun sesuai dengan peta kebutuhan guru di sekolah dan daerah.

Kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik yang dipersyaratkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen. Demikian dingkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, di Pusdiklat Pegawai Kemdikbud ,Di Sawangan Depok,Jawa Barat,Rabu (13/2 2019) saat menutup RNPK 2019.

Menurut Mendikbud pengembangan dan pemberdayaan Komunitas Belajar Guru di daerah melalui berbagai moda terutama melalui teknologi pembelajaran digital. Pengembangan komunitas pegiat guru menjadi organisasi profesi guru yang berkualitas. Adapun penyesuaian kurikulum LPTK agar dapat melahirkan guru yang kompeten, siap mengajar, menjadi pembelajar sepanjang hayat, sehingga memiliki kompetensi profesional yang memadai sebagai pendidik.

"Pemberian tunjangan profesi guru berbasis kinerja yang dihitung berdasarkan jumlah jam mengajar dengan baseline 24 jam per minggu. Sertifikat profesi guru akan dievaluasi secara berkala dan diusulkan agar berlaku selama lima tahun," papar Mendikbud.

Mendikbud menjelaskan daftar hadir guru dan prestasi hasil belajar peserta didik dipergunakan sebagai bagian dari indikator penilaian kinerja guru yang disesuaikan dengan kondisi setiap daerah. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .  

"Kita sudah mendengarkan seluruh rekomendasi dari kelima kelompok. Usulan yang diajukan sangat beragam, ada yang jangka pendek, ada yang jangka panjang, ada yang berupa usulan program dan kegiatan, banyak juga yang berupa usulan regulasi. 

"Dan yang pasti ada yang menjadi tanggung jawab pusat, ada yang menjadi tanggung jawab daerah, dan ada juga yang menjadi tanggung bersama," demikian  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (Ati)

 

BERITA REKOMENDASI