Hasil Studi Puslitbang Transportasi Laut Diserahterimakan

MAKASSAR, KRJOGJA.com – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub menyerahkan hasil studi Puslitbang Transportasi Laut, Sungai dan Penyeberangan. Total ada 45 hasil studi dan kajian yang diserahkan kepada Subsektor, Pemerintah Daerah, Dinas Perhubungan, dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) pada tahun anggaran 2017 ini.

"Hasil studi dan kajian ini harus segera diserahkan untuk bisa ditindaklanjuti. Jadi jangan sampai menjadi aset tak berwujud," kata Kepala Puslitbang Transportasi Laut, Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Ir. Ahmad, di Makassar, Selasa (12/12/2017).

Sebanyak 45 studi atau kajian yang diserahkan terdiri dari 9 kajian besar, 1 kajian sedang dan 35 kajian perorangan. Untuk kajian besar dan sedang pelaksanaannya dilakukan secara swakelola antara peneliti dan para dosen perguruan tinggi, seperti Unhas, ITB, ITS dan beberapa universitas swasta lainnya.

"Dasar penugasan studi atau kajian dari penugasan beberapa sumber, yaitu Menteri, hasil koordinasi dengan Ditjen Darat, Ditjen Laut, usulan daerah dan isu strategis," jelas Ahmad.

Ahmad menambahkan, pada kajian sebelumnya kegiatan serah terima dilakukan di lokasi studi masing-masing oleh tiap-tiap kelompok studi. Namun pada kesempatan ini, pelaksanaan penyerahan dibagi dalam dua wilayah, yaitu Barat di Batam dan Timur di Makassar.

Penyerahan wilayah Barat (Batam) telah diserahkan sebanyak 13 kajian pada 8 Desember 2017 lalu. Untuk wilayah Timur (Makassar) hasil kajian diserahkan Selasa (12/12/2017) sebanyak 29 kajian. Sedangkan 3 hasil studi lainnya sudah lebih dulu diserahterimakan. (Imd)

BERITA REKOMENDASI