Hasil Survei, Transaksi E-Wallet Makin Meningkat

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Transaksi elektronik dengan menggunakan aplikasi dompet digital atau e-wallet semakin meningkat dalam dua tahun terakhir karena dianggap praktis, aman, cepat, dan menawarkan banyak keuntungan, juga sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Astrid Williandry, Direktur Snapcart Indonesia mengatakan, dalam tiga bulan terakhir ini, e-wallet semakin menjadi pilihan utama konsumen melakukan pembayaran di gerai-gerai belanja online dan offline. “Untuk mengetahui trend perilaku ini, Snapcart melakukan survei online selama tiga bulan (Juni, Juli, dan Agustus), yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, dengan responden dipilih 1.000 orang,” tuturnya di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Dalam survei tersebut menyebutkan, ShopeePay merupakan e-wallet yang mengalami pertumbuhan paling pesat, jauh di atas OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja. Hal ini didukung oleh gencarnya strategi dalam menjangkau dan memperoleh konsumen baru melalui kelengkapan fitur dan menambah jangkauan merchant di seluruh Indonesia.

Di satu sisi, jelas Astrid Williandry, integrasi ShopeePay dalam aplikasi Shopee yang sekarang sudah menjadi e-commerce terbesar di Indonesia, juga mendukung keberhasilan ini. Adapun hasil survei dalam tiga bulan terakhir ini menunjukan, ShopeePay menjadi brand aplikasi dompet digital dengan user atau pengguna terbesar (68%).

Kemudian, disusul OVO dan GoPay yang bersaing ketat di masing-masing 56%, serta Dana (42%), dan LinkAja (19%). “Lima brand itu paling populer, karena mereka gencar melakukan promosi dan menjalin kerjasama dengan banyak merchant sehingga dikenal oleh konsumen,” ujar Astrid Williandry.

BERITA REKOMENDASI