Heboh Obat Herbal Cegah Covid, Gufron: Hati-hati!

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Masyarakat diminta berhati-hati dengan isu yang menyebutkan, telah ditemukan obat herbal untuk pencegahan Covid-19. Lebih-lebih jika bukan dikeluarkan secara resmi dari pemerintah, seperti BPOM, Kemenkes dan sejumlah instansi terkait.

Demikian disampaikan Staf Ahli Menristek Bidang Infrastruktur sekaligus Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD sebagaimana keterangan persnya yang diterima KR, Senin (3/8)

“Saya menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan isu yang menyebutkan, telah ditemukan obat herbal untuk pencegahan Covid-19 apabila bukan dikeluarkan secara resmi atau dibenarkan oleh instansi terkait seperti BPOM, Kemenkes, Kemenristek/BRIN atau kementerian/lembaga pemerintah lainnya, terimakasih,” ujar Ali Gufron Mukti.

Hal itu dilakukan karena maraknya pemberitaan yang beredar di kanal media sosial beberapa hari terakhir tentang produk herbal Covid-19 yang diklaim sebagai obat penyembuh dan pencegah Covid-19 oleh sosok Hadi Pranoto (mengaku sebagai pakar mikrobiologi kadang juga disebut sebagai profesor) dalam wawancara melalui kanal Youtube, sehingga Kemenristek/Badan Riset dan Inovasi Nasional memandang perlu memberikan penjelasan. (Ati)

BERITA REKOMENDASI