Hercules TNI AU Terbang China Ambil 9 Ton Alat Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

MALANG, KRJOGJA.com – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jendral (Mayjen) Sisriandi mengatakan bahwa tim penjemput alat kesehatan (alkes) untuk penanganan virus corona sudah diterbangkan sejak pagi tadi menuju China.

“Sudah berangkat pagi tadi, pukul 06.55. Berangkatnya dari ABD Saleh, Malang,” kata Sisriandi.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto merincikan bahwa pesawat yang akan menerbangkan kru ke Shangkai China tersut akan dipiloti oleh Komandan Skadron Udara 32 Letkol Pnb Suryo. Penerbangan tersebut teregistrasi dalam nomor A-1333.

Pesawat telah lepas landas dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang. “Rute penerbangan, Malang-Natuna-Hainan-Shanghai,” kata dia.

Pesawat akan melakukan dua kali transit di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk melakukan pengisian bahan bakar sebelum mendarat di Bandara Pudong di Shanghai.

Ada 21 kru pesawat yang diterbangkan untuk misi pengangkutan logistik kesehatan yang telah dibeli oleh Pemerintah RI. Di antara kru pesawat itu, terdapat dua personel yang berasal dari Kementerian Pertahanan RI.

Setidaknya, sekitar 9 ton logistik kesehatan yang telah dibeli oleh pemerintah akan diangkut menuju Indonesia nantinya. (*)

BERITA REKOMENDASI