Hujan Deras Diprediksi Masih Mengguyur Sepanjang Maret

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas tinggi masih berpotensi mengguyur sebagian besar pulau Jawasepanjang Maret 2020.

“Pada Maret 2020 intensitas hujan ada di menengah hingga tinggi. Daerah yang terkena ialah Sumatera bagian Selatan dan sebagian besar wilayah Jawa cukup tinggi potensi hujannya,” kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin.

Mining mengungkapkan Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi provinsi yang harus diwaspadai karena berpotensi hujan intensitas tinggi. Kemudian di bagian Timur daerah Sulawesi bagian Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Papua juga harus mewaspadai hujan.

Potensi hujan yang tinggi sejalan pula dengan ancaman banjir yang datang. Untuk Sumatera bagian Utara potensi banjir masih cukup rendah. Berbeda dengan Sumatera bagian Selatan, kata Miming, masih harus mewaspadai banjir.

“Sumatera bagian Selatan dan Jawa sebagian besar. Potensi banjir cukup signifikan kategorinya menengah hingga tingkat tinggi. Begitu juga Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah bagian Utara,” beber dia. (*)

BERITA TERKAIT