HUT ke-70, PP PERBASI Luncurkan Program Basket Indonesia Bergerak

Editor: Ivan Aditya

BOGOR, KRJOGJA.com – Hari ulang tahun (HUT) PP PERBASI ke-70 pada 23 Oktober 2021 dirayakan dengan penuh keakraban. Ajang ini menjadi momen kangen-kangenan sesama pengurus federasi bola basket Indonesia sejak awal 2020 dilarang ngumpul akibat pandemi Covid 19. Perayaan secara sederhana di Villa Robinson Cisarua Resort Bogor, Jawa Barat, Senin (25/10/2021).

Acara kemudian dilanjutkan dengan sumbang lagi dari pengurus lain kemudian potong tumpeng nasi kuning dan makan bersama. Acara syukuran ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun PP PERBASI oleh pengurus yang dilakukan pada 22 hingga 24 Oktober 2021.

Sebelum puncak acara itu, para pengurus PP PERBASI menggelar rapat pleno. Rapat ini membahas organisasi dan menghasilkan beberapa program spektakuler yang akan diputar tahun ini yang berlanjut tahun depan. Program tersebut dipaparkan kepada publik melalui konferensi pers usai rapat pleno.

Hadir dalam acara itu Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, Sekjend PP PERBASI Nirmala Dewi, Bendahara Umum Cyrus Harsaningtyas, Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George Dendeng, Waketum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi, dan Waketum Bidang Organisasi Wawan Mulyana.

“Rapat Pleno berjalan lancar ada beberapa program yang telah diputuskan dan disetujui. Seperti rangkaian kegiatan HUT PERBASI ke-70 yang akan dilaksanakan di Senayan dan memunculkan beberapa program baru, seperti Basket Indonesia Bergerak. Kemudian untuk bidang organisasi akan dilakukan sedikit perubahan dengan memasukan komisi FIBA World Cup,” jelas Sekjend PP PERBASI Nirmala Dewi.

Dikatakan Ketum PP PERBASI Danny Kosasih, program yang dibahas dalam rapat pleno akan dilakukan selambatnya 2 bulan ke depan. Goal besar untuk timnas, akan mempersiapkan Timnas Elite proyeksi FIBA World Cup 2023. Awal bulan depan akan training camp ke Amerika Serikat untuk kemudian match jumpa Lebanon dalam Kualifikasi FIBA World Cup 2023 untuk window pertama pada 26 dan 29 November 2021.

Namun demikian, Danny menegaskan bahwa target tembus 8 besar FIBA Asia Cup tahun depan tetap menjadi harga mati. Ini bisa menjadi jalur lain menembus putaran final FIBA World Cup 2023 selain melalui kualifikasi. Mendukung target ini, PP PERBASI juga sudah membentuk Timnas Elite Muda yang difungsikan sebagai penyedia pemain muda berkualitas untuk dipilih Coach Timnas Bolabasket Indonesia Rajko Toroman. Saat ini juga baru saja selesai seleksi tahap pertama dan akan dilakukan seleksi tahap berikutnya. “Nantinya, materi pemain bisa dipakai Coach Toro dan status pemain belum terikat dengan klub IBL,” jelas Danny.

Nah, agar dukungan publik melimpah dalam penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, PP PERBASI meluncurkan program Basket Indonesia Bergerak. Melalui pogram ini masyarakat Indonesia bisa demam bola basket. Rencananya dieksekusi mulai tahun 2022 dengan menyentuh lapisan masyarakat hingga pelosok di 80 kota di seluruh Indonesia.

“Konsepnya, selain untuk demamkan masyarakat terhadap bola basket, program ini untuk menambah jam terbang para pebasket muda. Pelaksanaannya mengambil waktu saat wekend, Jumat sampai minggu. Minimal satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun. Toyal akan melibatkan 12 atlet. Waktu kompetisi minimal tiga bulan, sehingga waktu bermain cukup banyak. Teknisnya nanti akan koordinasi dengan Pengprov,” terang Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George.

Pada perayaan ulang tahun kali ini juga dimanfaatkan untuk mentransformasi PP PERBASI menjadi lebih profesional. (Sim/Lmg)

BERITA REKOMENDASI