I Gede Darmayusa Bersama XL Axiata Wujudkan Digital Development

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Industri telekomunikasi sudah mendarah daging bagi Direktur Technology Officer PT XL Axiata Tbk I Gede Darmayusa. Pria asal Bali yang sudah terjun berkecimpung dalam industri telekomunikasi selama 25 tahun ini justru selalu merasa tertantang melayani kemauan atau permintaan dari customer yang berkembang sedemikian rupa seiring pesatnya perkembangan dunia teknologi.

“Saya selalu tertantang dan menarik secara pribadi untuk melayani kemauan pelanggan. Artinya potensi bisnis dan potensi untuk memuaskan customer yang tidak ada batasannya lagi karena industri telekomunikasi terus berkembang,” ujar pria yang berusia 47 tahun ini dalam special interview virtua, Jumat (07/05/2021).

I Gede mengakui perjalanan panjang kariernya di sektor telekomunikasi tidak terlepas dari minatnya terhadap bidang tersebut. Dirinya melihat adanya telekomunikasi ini membantu memudahkan banyak orang dan tidak terbatas. Orang bisa tidak bertemu langsung dengan tatap muka, namun tetap bisa terhubung dengan telekomunikasi ini sehingga ia merasa senang menekuni dunia telekomunikasi.

“Semua ilmu mengalami perkembangan, termasuk di dunia telekomunikasi. Saya menyadari apa yang saya pelajari di bangku kuliah dulu, hanya tinggal sekian persen saja yang masih relevan dengan kondisi sekarang. Sehingga saya tidak berhenti terus belajar dan melihat perkembangan yang ada” kata lulusan Telecommunication Engineering Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan Master’s Degree Strategic Business Innovation Universitas Prasetiya Mulya ini menegaskan selain mengikuti perkembangan, upaya menjaga kepercayaan customer sangat penting. Melihat dunia telekomunikasi 20 tahun yang lalu, dengan sekarang, menurutnya sudah sangat berbeda.

Dulu orang bicara lewat telepon dengan jernih sudah puas, sekarang ini hal itu sudah minor pengaruhnya karena orang lebih banyak menggunakan paket data. Hal itu menjadi tantangan Gede bersama XL Axiata untuk mencoba memberikan yang terbaik dalam memenuhi ekspektasi pelanggan hingga dapat menjadi digital development, tidak hanya connectivity.

” XL Axiata berkembang menjadi perusahaan yang beyond. Mimpi kami di XL Axiata solution provider yang terintegrasi. Kemudian terus memperluas layanan dengan cakupan dan jangkauan seluas-luasnya. XL Axiata juga tetap melanjutkan fiberisasi jaringan sebagai salah satu motor pertumbuhan perusahaan untuk meningkatkan kapasitas data demi mempersiapkan kehadiran teknologi jaringan 5G,” pungkasnya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI