Ibukota Negara Pindah, 900 Ribu PNS ‘Diungsikan’

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah kembali mematangkan rencana untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia. Rencananya, Ibu Kota Indonesia akan dipindahkan ke luar luar Pulau Jawa. Untuk sementara ini, Pulau Kalimantan digadang-gadang sebagai pilihan untuk Ibu Kota yang baru. M

enteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kota yang akan menjadi Ibu Kota baru nantinya harus mampu mengakomodasi seluruh administrasi pemerintahan. Dalam pandangannya, pemindahan antara kegiatan ekonomi dengan Pemerintahan dan politik bukanlah perkara mudah.

"Kementerian ini di Jakarta ada 900 ribu orang, kalau dipindahkan ke sana harus disiapkan juga," ujarnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (6/7/2017). 

Basuki mengatakan, ibu kota yang baru hendaknya dilengkapi dengan segala fasilitas layaknya kota pusat pemerintahan. Hal ini menjadi penting demi mendukung kelancaran seluruh aktivitas pemerintah. "Ya infrastruktur perkotaan, drainasenya transportasinya, kan macam-macam bisa jalan raya, train, MRT- nya," tambah dia. 

Belum lama ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut, ibu kota negara memang harus segera dipindahkan keluar Pulau Jawa mengingat ketersediaan lahan yang lebih memadai. Kendati demikian, Bambang belum menyebutkan secara spesifik lokasi tujuan pemindahan ibu kota negara tersebut.
(*)

BERITA REKOMENDASI