ICA Gelar Chef Expo 2022

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Setelah vakum 2 tahun akibat pandemi covid 19, Asosiasi Chef Indonesia (ICA) menggelar Chef Expo 2022. Ketua Panitia Chef Expo 2022 yang juga Vice Presiden ICA bidang Marketing dan Event Slamet Jarwanto mengatakan, Chef Expo 2022 menjadi event kuliner terbesar pertama di tahun ini.

“Chef Expo 2022 menjadi event kuliner terbesar pertama di tahun ini. Selain itu acara ini resmi dibuka oleh Kepala Badang Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi,” kata Ketua Panitia Chef Expo 2022 yang juga Vice Presiden ICA bidang Marketing dan Event Slamet Jarwanto, di Jakarta, Rabu (18/05/2022).

Sementara itu, Presiden ICA Henry Alexie Bloem dalam sambutannya secara virtual dari Belanda mengucapkan selamat atas terbentuknya Badan Pangan Nasional dan dilantiknya Bapak Ir. H Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional.

Chef Bloem berharap sinergi Indonesia Chef Association sebagai organisasi profesi para pengolah pangan dengan Badan Pangan Nasional akan menghasilkan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Menurutnya, para chef memiliki peranan penting dalam menggaungkan penganekaragaman pangan Indonesia, dari hasil karya olahan pangan di tangan chef tercipta berbagai keanekaragaman pangan.

Indonesia memiliki keragaman hayati terbesar di dunia, memiliki 77 jenis sumber karbohidrat, 226 jenis kacang-kacangan, 389 jenis buah-buahan, 228 jenis sayuran, dan 110 jenis rempah dan bumbu-bumbuan.

“Melalui peran chef diharapkan dapat mengoptimalkan keragaman sumber pangan ini untuk mewujudkan kemandirian pangan,” tegasnya.

Ditambahkan, indikator utama konsumsi pangan di Indonesia sudah beragam bergizi seimbang dan aman adalah melalui pencapaian skor Pola Pangan Harapan (PPH). Oleh karenanya melalui ajang ICA Chef Expo ini menjadi momentum strategis untuk membangun kolaborasi dalam rangka mewujudkan tercapainya PPH Konsumsi melalui pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

Arief menambahkan bahwa hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa pangan menjadi fokus utama saat ini, pangan perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan Kekayaan pangan Indonesia.

“Sejalan dengan amanah Presiden Joko Widodo bahwa pangan menjadi fokus utama, oleh karenanya mari kita bersama – sama bersinergi, berkolaborasi mengoptimalkan keragaman konsumsi pangan Indonesia,” katanya.

Pada acara tersebut juga hadir Celebrity Chef seperti Chef Juna, Chef Chandra Yudasswara, Chef Yongki Gunawan , Chef Axhiang dan maestro Boga Indonesia Ibu Sisca Soewitomo. Pada pembukaan ini juga ditampilkan Chef Kung Fu Indonesia Chef Muto sebagai atrkasi pembuka.

Pada acara Chef Expo 2022 ini diisi penuh dengan agenda menarik seperti Cooking Demo Celebrity Chef Indonesia. Cooking Competition Junior dan Profesional. Talk show Plating technique. Talk show Hygiens dan operating system Food Service Industry. Pameran Buku Kuliner dan Special program Black Competition Challenge yang akan mempertadingkan Chef Chef Profesional terbaik dari hotel bintang 5 dan restaurant ternama di Indonesia. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI