Ikabadra Beri Dukungan Psikologi Mahasiswa Sulteng

YOGYA, KRJOGJA.com – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Janabadra (Ikabadra) mengunjungi para mahasiswa asal Sulawesi Tengah yang sedang studi di Yogyakarta di Asrama Putra Sulawesi Tengah, Jalan Kapten Laut Samadikun, Wirogunan Yogyakarta, Sabtu (20/10/2018) malam. Para alumi Ikabadra melakukan doa bersama mahasiswa dan memberi dukungan psikologi maupun finansial bagi para mahasiswa tersebut, agar tetap semangat.

Ketua Ikabadra Heri Sebayang SH mengatakan, para alumni Ikabadra tergerak membantu, karena memahami beban berat yang dipikul para mahasiswa tersebut. "Bantuan ini sebagai bentuk solidaritas, karena kami memahami perasaan para mahasiswa Sulteng diperantauan yang keluarga di kampung halaman menjadi korban bencana alam," kata Heri kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Menurut Heri, respons para alumni Ikabadra sangat positif medukung aksi sosial ini. Begitu pula dengan pihak universitas dan mahasiswa yang juga menggalang bantuan untuk membantu masyarakat di Palu, Sigi dan Donggala yang menjadi korban. "Bantuan ini kita serahkan kepada mahasiswa Sulteng di Yogya. Peruntukannya sepenuhnya kita serahkan kepada mahasiwa bisa untuk biaya hidup sementara ini," katanya.

Koordinator Posko Asrama Sulteng Putra, Hendrawan mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang membantu warga Sulteng yang terkena bencana, termasuk membantu para mahasiswa asal Sulteng yang sedang studi di Yogyakarta. Menurutnya jumlah mahasiswa Sulteng yang ada di DIY sebanyak 1.200 orang dan yang terdampak bencana sekitar 700 orang. "Banyak mahasiswa yang kehilangan anggota keluarganya, bahkan ada 3 mahasiswa yang hidup sebatangkara karena seluruh keluarnya meninggal dunia akibat bencana," ujarnya. (Dev)

Pascabencana, kata Hendrawan, praktis kiriman uang dari kampung halaman untuk biaya hidup dan studi para mahasiswa, terhenti. Ia bersyukur masyarakat Yogyakarta banyak membantu para mahasiswa. "Mungkin selama 5 bulan kedepan kami masih mengandalkan bantuan sampai keadaan menjadi lebih baik," katanya. Di Asrama Putra Sulteng, para mahasiswa juga membuka posko bantuan untuk disalurkan ke Sulteng. (Dev)

BERITA REKOMENDASI