Ikut Protes di Perbatasan, Pemuda Gaza Ditembak

GAZA (KRjogja.com) – Seorang pemuda asal Gaza ditembak mati tentara Israel ketika mengikuti protes di perbatasan Israel-Palestina. Insiden ini terjadi pada Jumat 9 September. Sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (10/9/2016).

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qidra menuturkan, Abdel Rahman al-Dabbagh (18) tewas terkena timah panas tentara Israel tepat di kepalanya. Al-Qidra menambahkan, penembakan itu merupakan buntut dari demonstrasi warga Gaza yang berakhir dengan pelemparan batu ke arah Israel.

Saksi mata juga mengucapkan, sekelompok pemuda Palestina berkumpul di dekat pagar perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza. Kemudian para pemuda itu melempari menara pengawas Israel yang memicu tentara Negeri Zionis melepaskan tembakan. Namun, militer Israel menyanggah hal tersebut. 

Mereka mengatakan bahwa anggotanya hanya menggunakan gas air mata untuk membubarkan para demonstran yang ricuh di pagar perbatasan. “Puluhan perusuh masuk ke daerah penyangga dan berusaha merusak pagar. Pasukan yang berjaga di perbatasan menggunakan gas air mata yang berujung ke pembubaran demonstrasi. Berdasarkan peninjauan awal, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak melakukan penembakan,” tutur pernyataan militer Israel. 

Bentrokan yang pecah sejak Oktober di wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza itu, setidaknya telah menyebabkannya 210 warga Palestina tewas. Sekira 141 korban tewas tersebut, diklaim Israel sebagai pelaku penyerangan teror. (*)

BERITA REKOMENDASI