Importir Diminta Ajukan Proposal Pembibitan Sapi

INDRAMAYU (KRjogja.com) – Importir sapi diminta mengajukan proposal ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengenai kewajiban melakukan pembibitan sapi bakalan.

"Aturannya sudah disiapkan, untuk itu pengusaha diminta mengajukan proposal dengan berkomitmen sebagian besar sapi bakalan harus dijual kepada masyarakat," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Indramayu, Kamis (11/8/2016).

Dirinya pun meminta agar perusahaan penggemukan sapi (feedloter) harus membuat brand tersendiri dalam melakukan pembibitan sapi-sapi bakalan. Hal ini diyakini akan mendatangkan manfaat kepada pengusaha dalam jangka panjang maupun masyarakat dalam jangka pendek.

"Manfaatnya ini dalam jangka waktu lima tahun diharapkan sudah bisa mandiri," ucap Enggar.

Impor sapi bakalan ini kata Enggar bukan hanya dari Australia tapi Meksiko, Amerika Latin dan negara lainnya terbuka seluas-luasnya.

Namun demikian, Enggar meminta kepada para feedloter agar memberikan kompensasi atas izin yang diberikan, dengan cara feedloter harus melakukan pembibitan sendiri sapi bakalan. (*)

BERITA REKOMENDASI