India Kirim Misi ke Bulan

Editor: Ivan Aditya

INDIA, KRJOGJA.com – Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) berhasil meluncurkan misi Chandrayaan-2 pada Selasa (23/07/2019) pukul 14.43 waktu setempat. Misi ini dijadwalkan meluncur di kutub selatan Bulan.

Chandrayaan atau berarti kendaraan Bulan dalam bahasa Sansekerta berhasil lepas landas dari Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, negara bagian Andhra Pradesh. Misi ini membawa 13 muatan berisi orbiter, lander, dan rover dengan bobot total seberat 3,8 ton. Ketiga muatan ini dikembangkan sendiri oleh ISRO.

Chandrayaan-2 dijadwalkan melakukan perjalanan selama dua bulan, sebelum berada di orbit melingkar sejauh 100 kilometer di atas permukaan Bulan. Tahap berikutnya, lander bernama Vikram akan berpisah dari kapal utama dan akan mendarat di dekat kutub selatan Bulan.

Sedangkan rover bernama Pragyan (berarti kebijaksanaan dalam bahasa Sansekerta) akan berjalan memutari Bulan selama satu hari (setara dengan 14 hari di Bumi). Pragyan akan mengumpulkan sampel mineral dan bahan kimiawi dari permukaan Bulan untuk keperluan penelitian ilmiah.

Orbiter akan mengemban misi memetakan dan mempelajari atmosfer Bulan hingga setahun mendatang. Ketua ISRO Kailasavadivoo Sivan mengatakan pihaknya lega sekaligus tetap khawatir dengan meluncurnya Chandrayaan-2 ke antariksa. (*)

BERITA REKOMENDASI