Indonesia 2024 Bebas BAB Sembarangan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menargetkan tak ada lagi orang Indonesia yang buang air besar (BAB) sembarangan pada tahun 2024. Target ini sesuai dengan amanat Sustainable Development Goals (SDGs). Setiap negara diamanatkan untuk memastikan akses air minum bersih dan sanitasi aman pada tahun 2030.

“Tahun 2024, kita capai Indonesia 100 persen ODF (open defecation free), tidak ada lagi orang praktik buang air besar sembarangan ” kata Terawan.

Terawan mengatakan pihaknya sudah memulai sejumlah program untuk mencapai target tersebut, seperti pembangunan 1 juta jamban sehat di 290 desa selama 2020 yang bekerja sama dengan TNI AD.

Ia menargetkan membangun lebih banyak jamban sehat pada tahun depan. Selain itu, Terawan juga menyambut baik gagasan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa yang ingin mulai membangun saluran air minum bersih pada Maret, Juni, dan September 2021.

Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto itu mengajak seluruh pihak ikut bergabung dalam upaya memastikan sanitasi baik dan air minum bersih secara merata. “Saya harapkan keterlibatan aktif dari segala bidang, baik swasta maupun pemerintah melalui lintas program mengambil peran dalam porsi besar,” ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI