Indonesia Bakal Milili Kawasan Industri Hijau Terbesar di Dunia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim Indonesia akan mempunyai kawasan industri hijau terintegrasi dan terbesar di dunia. Kawasan itu akan berada di Kalimantan Utara dengan luas mencapai 12.500 hektare (ha).

Luhut mengatakan kawasan industri itu akan didukung oleh sumber energi hijau dari pembangkit listrik tenaga air atau hydropower. Nantinya, tenaga kelistrikan yang dapat dihasilkan mencapai 11 ribu MegaWatt (MW).

“Kita akan memiliki integrated industry berbasiskan hydropower di Kalimantan Utara. Ini adalah satu integrated industry yang mungkin paling besar di dunia,” imbuh Luhut.

Tak hanya menghasilkan sumber energi hijau, Luhut menyebutkan kawasan ini akan membuat Indonesia mampu mencapai target transformasi energi dari fosil ke energi baru terbarukan (EBT) yang ramah lingkungan.

“Kita berharap groundbreaking akan bisa dilakukan tahun ini. Transisi dari energi fosil ke energi baru dan terbarukan (EBT) menjadi prioritas kita,” jelasnya.

Nantinya, pengembangan sumber EBT sekaligus energi hijau akan diterapkan di daerah-daerah lain di Tanah Air. Dengan begitu, Indonesia bisa mencapai target penurunan emisi menjadi nol alias bebas karbon pada 2060. (*)

BERITA REKOMENDASI