Indonesia Berperan Penting dalam Berbagai Forum Diplomasi Lingkungan Global

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia berperan penting dalam berbagai forum diplomasi lingkungan global. Demikian diungkapkan Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro, dalam acara temu media di Jakarta, Senin (13/6/2022). Berbagai capaian, termasuk penurunan angka deforestasi dan berbagai kebijakan untuk mendorong penurunan emisi gas rumah kaca.

“Sebetulnya kita berhasil dari sisi diplomasi lingkungan menyuarakan kepentingan Indonesia, juga keberhasilan Indonesia. Kalau dilihat kita diundang secara spesifik di forum G7, artinya peran Indonesia semakin penting di forum-forum diplomasi lingkungan,” kata Dirjen PPKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro.

Sejak 1970-an ketika cikal bakal KLHK berdiri usai Konferensi Stockholm, yang merupakan konferensi pertama PBB terkait lingkungan hidup pada 1972. Indonesia mengikuti berbagai konvensi global terkait lingkungan hidup, termasuk meratifikasi Perjanjian Paris lewat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016.

BERITA REKOMENDASI