Indonesia Bisa Galang Dukungan Cabut Veto Amerika

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyarankan, pemerintah Indonesia menggalang dukungan seluruh negara di PBB untuk mencabut hak veto yang dimiliki Amerika Serikat. Hal itu sebagai respon atas kebijakan AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Menurutnya, pencabutan hak veto guna memberi peluang bagi PBB menjatuhkan sanksi kepada AS. "Semakin majunya zaman ya kita berharap semua hak veto itu dihilangkan. Tidak ada perbedaan antara Amerika ataupun dengan Indonesia," ujar Taufik.

Taufik berkata, beberapa negara yang bisa diajak Indonesia untuk menggalang dukungan tersebut, yakni negara berkembang dan negara nonblok. Kedua kategori itu diyakini dapat membuat PBB mencabut hak veto milik AS.

Hak veto, kata Taufik, merupakan hak yang tidak berkeadilan. Hak itu membuat sebuah negara dapat mengintervensi negara lain yang notabene bertentangan dengan prinsip kemanusiaan di dunia.

Lebih lanjut Taufik menuturkan, tindakan AS mengakui Yerusalem sebagai bagian dari Israel merupakan pelanggaran internasional dan menimbulkan polemik. Bahkan, AS seolah ikut serta dengan Israel melakukan penjajahan terhadap Palestina. (*)

BERITA REKOMENDASI