Indonesia Bisa Kuasai Pasar ASEAN

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com).- Anggota Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha mengatakan, Indonesia harus menguasai pasar ASEAN dan bukannya dikuasai oleh pasar ASEAN dan asing di era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sekarang ini. Langkah itu penting karena dunia dan ASEAN sedang mengincar Indonesia sebagai tujuan pasar internasional.

"Indonesia ini berpenduduk besar, dan sudah menjadi target pasar internasional. Karena itu, kita harus berbuat melalui kebangkitan industri. Kalau tidak, maka Indonesia akan dibanjiri oleh produk-produk asing,” tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo diminta masuk TPP (Trans Pasifik Patnership) di Amerika Serikat, tapi kata Satya, mereka melarang karena Indonesia belum siap. "Kalau belum siap, maka Indonesia akan menjadi korban dari TPP itu sendiri. Untuk itu, Indonesia harus bangkit melalui industri yang kreatif dan inovatif," ujar politisi Golkar itu.

Menurut Satya, Filipina, Vietnam dan Thailand kini sudah belajar berbahasa Indonesia, mengingat Indonesia sebagai tempat strategis untuk pasar industri mereka, juga dunia. Makanya dia meminta kita tidak alergi dengan PMN (penyertaan modal nasional) untuk BUMN industri, karena industri memberikan konstribusi besar terhadap negara. (*)

BERITA REKOMENDASI