Indonesia Bisa Manfaatkan Ketidakpastian Global

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo menilai Indonesia dinilainya bisa menarik manfaat dari ketidakpastian global. Menurutnya, eskalasi ketidakpastian global bersumbu pada faktor Amerika Serikat (AS) yang terbelah pasca pemilihan presiden November 2016 yang dimenangkan kandidat Partai Republik, Donald Trump.

"Faktor lainnya adalah perilaku kepemimpinan Trump sendiri. Kemenangan Trump yang mengejutkan itu tak hanya membelah AS, tetapi juga menghadirkan sejumlah persoalan baru, baik di dalam negeri AS maupun bagi dunia pada umumnya," katanya.

Dia mengatakan, periode transisi pemerintahan dari Presiden Barack Obama ke rezim Trump diwarnai suasana tidak kondusif di AS. Trump harus memetik buah dari tema-tema rasis yang digaungkannya selama periode kampanye.

Kemenangannya membangkitkan sentimen supremasi kulit putih, kemarahan warga kulit hitam, ujaran kebencian kepada komunitas Yahudi, Muslim dan warga imigran, hingga ancaman sejumlah perusahaan terkemuka AS untuk hengkang dari negeri itu. "Rangkaian persoalan ini bagaikan api dalam sekam, karena belum tuntas penyelesaiannya," ujarnya.

Persoalan lain yang cukup sensitif dimunculkan komunitas intelijen. Disebutnya sensitif karena mengarah pada upaya mereduksi legitimasi kemenangan Trump. "CIA (dinas intelijen AS) sudah mengungkap sepak terjang Rusia mengintervensi pemilu 2016 guna membantu kemenangan Trump," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI