Indonesia Harap Presiden Amerika Perkuat Kemitraan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia menyambut baik keunggulan Joe Biden. Retno berharap dibawah kepemimpinan Biden, Indonesia berharap Negeri Paman Sam bisa menjadi mitra perdamaian khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Ia juga menyampaikan bahwa Indonesia dan ASEAN siap bekerjasama untuk memperkuat kemitraan dengan Amerika Serikat di masa yang akan datang, namun dengan beberapa prinsip. “Tentunya kemitraan yang kita inginkan adalah kemitraan yang memegang teguh prinsip-prinsip dan nilai multilateralisme, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah, dan penghormatan pada hukum internasional,” ujarnya.

Biden-Harris mengungguli perolehan suara elektoral atas pasangan petahana Donald Trump- Mike Pence. Kehadiran Biden digadang-gadang akan memberikan pengaruh yang cukup berbeda setelah empat tahun kepemimpinan Trump-Pence.

Trump terkenal sebagai sosok yang sangat terbuka melancarkan kritik ke berbagai negara. Ia tanpa segan melibas negara-negara yang dianggap tidak sepaham dengannya. (*)

BERITA REKOMENDASI