Indonesia Kini Miliki 3 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia kini punya 3 juta dosis vaksin Covid-19 China buatan Sinovac yang bakal disuntikkan dalam waktu dekat.

Total 3 juta vaksin corona Sinovac itu didatangkan dalam dua kali pengiriman, pertama pada 6 Desember lalu sebanyak 1,2 juta dosis, dan pada 31 Desember kemarin sebanyak 1,8 juta dosis.

Namun, hingga saat ini Sinovac belum memberikan klaim efikasi atau keampuhan melawan virus Sars-CoV-2 penyebab Covid-19. Padahal uji klinis fase III telah usai di beberapa negara, tapi nilai efikasi vaksin Covid-19 itu masih belum resmi diumumkan.

Selain itu, izin penggunaan darurat (EUA) Sinovac di Indonesia juga belum keluar. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito sebelumnya mengatakan akan mempercepat proses pemberian EUA Sinovac untuk vaksinasi di Indonesia.

“Saya kira pemberian EUA ini juga akan melalui proses percepatan, namun tetap aspek manfaat yang akan didapatkan lebih tinggi dari aspek risiko yang ada,” kata Penny.

Uji klinis fase III vaksin Sinovac di Bandung, Indonesia baru akan selesai pada Mei 2021. Tim uji klinis Sinovac di Bandung akan memberikan data 3 bulanan setelah vaksin diberikan dalam dual dose. (*)

BERITA REKOMENDASI