Indonesia Minta China – India Menahan Diri

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri meminta China dan India menahan diri agar tak terlibat bentrokan di perbatasan dekat Himalaya. Bagi Indonesia, kedua negara menjadi salah satu negara inti yang bisa menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.

“Indonesia menyerukan India-China untuk bisa menahan diri dan bisa membuat situasi yang kondusif untuk berdialog dalam menyelesaikan sengketa. Ini adalah masalah perbatasan historis yang panjang antara kedua negara,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Bentrokan di perbatasan Himalaya bermula ketika China menyebut tiga tentara India melewati perbatasan di Lembah Galwan, daerah Aksai-Chin-Ladakh yang disengketakan kedua negara pada awal pekan ini. China menyebut bahwa tentara India melintasi area perbatasan hingga dua kali.

Beijing menuturkan tentara India melakukan provokasi dan menyerang tentara China hingga mengakibatkan bentrokan fisik yang tidak terhindarkan antara pasukan di daerah perbatasan. (*)

BERITA REKOMENDASI