Indonesia Perkuat Wilayah Laut

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Indonesia perlu melakukan tindakan pengamanan di wilayah strategis. Wilayah yang dianggap paling penting ada di beberapa lokasi dari Selat Malaka yakni, Selat Sunda, Selat Lombok, dan Selat Ombai. Hal itu disampaikan oleh Deputi I Kemenko Maritim bidang Kedaulatan Maritim, Havas Oegroseno.

"Selat Sunda itu kondisinya sama Selat Malaka  sama penuhnya. Cuma ada bedanya karena di kita (Selat Sunda) itu traffic domestik. Apa perlu dibuat perempatan, untuk safety navigation. Tujuannya strategis, kalau ada kapal pemerintah asing, kapal perang, itu gimana kita atur traffic yang terbaik. Hasilnya akan diumumkan ke IMO, (International Maritime Organization). Jadi dampaknya banyak," ujar Havas, Rabu (03/08/2016).

Di ALKI 1, Havas membeberkan ada kenaikan traffic dari Afrika, Australia, dan Eropa untuk kapal-kapal tanker besar. Kapal-kapal bertonase besar ini sudah tidak mampu ditampung Selat Malaka lagi sehingga kini melalui Selat Sunda.

"Datang dari Eropa, kirim barang ke Tanjung Priok, gak lagi lewat Selat Malaka, mereka lewat Selat Sunda.  Kalau gak diamankan dari segi keselamatan ya sulit. Traffic navigasi Jawa-Bali-Sumatera juga tinggi," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI