Indonesia Siap Bahas Perlindungan WNI

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Isu perlindungan warga negara Indonesia di Arab Saudi disebut menjadi salah satu fokus pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dengan Menlu Abdel bin Ahmed Al-Jubeir pada 23 Oktober mendatang.

"Yang akan jadi perhatian adalah upaya perlindungan dan hak WNI di Saudi. Beberapa masalah terkait WNI yang terancam hukuman mati juga tidak tertutup kemungkinan akan jadi perhatian pertemuan Menlu RI dan Menlu Saudi," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir.

Arrmanatha mengatakan sedikitnya 600 ribu WNI tinggal di Saudi. Sebagian besar merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Hingga kini, ada 16 WNI yang masih terancam qisas atau hukuman mati di Saudi. Sebagian besar dari mereka terancam qisas karena tuduhan pembunuhan atau melakukan atau mempraktikan sihir.

Selain isu WNI, Arrmanatha mengatakan Retno dan Abdel juga akan mendiskusikan penguatan kerja sama ekonomi, terutama dalam bidang perdagangan dan investasi.

Selain itu, dia juga memaparkan Indonesia berupaya meminta akses pasar yang lebih besar lagi kepada Saudi untuk produk-produk buah tropis seperti manggis, mangga, dan pisang dalam pertemuan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI