Indonesia Terancam Kekurangan Perawat

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap jumlah perawat masih jadi kendala di rumah sakit dalam mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pasca libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021.

“Di rumah sakit tempatnya ada. Tinggal kita tambah. Ada potensi bisa tambah 100 bed tambahan. Yang critical bukan ruang, tapi perawat,” katanya.

Menurutnya, jumlah ruangan dan dokter di kebanyakan rumah sakit masih cukup untuk menangani penambahan kasus. Pihak rumah sakit juga masih bisa menambah kapasitas hingga 100 tempat tidur.

Namun yang menjadi masalah justru jumlah perawat yang tidak memadai. Untuk itu pihaknya tengah berupaya meningkat jumlah perawat untuk mengiringi penambahan kapasitas rumah sakit.

“Ruangan ada bisa tambah sampai 100, tapi kita butuh perawat. Dan dengan menambah bed di RS existing, teknisnya jadi lebih mudah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkap pihaknya baru berkoordinasi dengan direktur RSCM agar menutup kebutuhan relawan dengan perawat. (*)

BERITA REKOMENDASI