Indonesia Tuan Rumah PATA Mart 2016

JAKARTA (KRjogja.com) – Indonesia  menjadi tuan rumah (host) dalam penyelenggaraan pameran dan bursa pariwisata internasional  PATA (Pacific Asia Travel Association) Mart 2016 yang akan berlangsung di ICE (Indonesia Convention Exhibition), Bumi Serpong Damai (BSD), Provinsi Banten  pada 7-9 September 2016.

Penyelenggaraan even pariwisata  terbesar di kawasan Asia Pasifik  ini akan diikuti sekitar 1.000 delegasi dari 60 negara. Hingga 10 Agustus buyer (industri pariwisata) sudah melakukan transaksi mencapai Rp 240 miliar. Sedangkan hingga acara transaksi diperkirakan mencapai Rp 82,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.  sedangkan seller mencapai 209 dari 39 negara dan perusahaan dari Indonesia yang ikut dalam PATA ini mencapai 39 perusahaan.

"Pada PATA kali ini transaksi buyer hingga 10 Agustus sudah Rp 240 miliar, sedangkan targer hingga acara diperkirakan mencapai Rp 82,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.  sedangkan seller mencapai 209 dari 39 negara dan perusahaan dari Indonesia yang ikut dalam PATA ini mencapai 39 perusahaan," kataCEO PATA Chapter Indonesia Purnomo di Jakarta, Kamis (11/08/2016).

Dikatakan, adapun manfaat Indonesia sebagai tuan rumah PATA yakni,  fokus utama Indonesia dalam bursa pariwisata dengan B to b dan akan terjadi transaksi penjualan. Damana seller akan menjual paket wisata. Selain itentunya akan meningkatkan wisman terutama kawasan Asia Pasifik. Serta membangun jaringam antara pelaku bisnis di Indonesia dengan anggota PATA dan membangun citra pariwisata  Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang diwakili I Gde Pitana, Deputi BP3M menyampaikan, sebagai host PTM 2016 akan memberikan dampak positif meningkatnya kepercayaan dunia terhadap pariwisata Indonesia sebagai salah satu negara di kawasan Asia Pasifik yang industri pariwisatanya tumbuh secara berkesinambungan sehingga dalam lima tahun ke depan diproyeksikan menjadi dua kali lipat dengan jumlah  kunjungan sebanyak 20 juta wisman pada 2019.  (Lmg)

BERITA REKOMENDASI