Industri dan SDM Andal Tingkatkan Produktivitas Negara

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan industri dan sumberdaya andal meningkatkan produktivitas negara.

“Negara maju diukur dari vokasinya. Penting untuk membangun industri dan SDM unggul untuk meningkatkan produktivitas negara,” ujar Wikan saat memberikan sambutan dalam acara kunjungan kerja ke SMK Negeri 27 Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Wikan menjelaskan, titik tolak pertama untuk memperoleh SDM yang unggul adalah calon peserta didik harus memilih jenjang pendidikan yang tepat sesuai minat. Ia meyakini, ketika kita mempelajari sesuatu dalam keadaan senang, maka kita akan menjalani prosesnya dengan bahagia. “Jika lebih menyukai analisis silakan masuk ke SMA, jika lebih menyukai keterampilan, silakan pilih SMK,” tutur Wikan.

Menyikapi kondisi pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya berakhir, beberapa waktu lalu Kemendikbud menerbitkan penyesuaian atas Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri yang mengatur pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan. Dalam aturan tersebut, Kemendikbud membolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah yang berada di zona hijau dan kuning.

Sebagai bentuk persiapan, saat ini pemerintah daerah melalui dinas pendidikan tengah melakukan asesmen untuk memetakan tingkat kesiapan sekolah sebelum pembelajaran tatap muka dibuka. Salah satunya adalah Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

BERITA REKOMENDASI