Industri Pariwisata Banten Segera Bangkit

Editor: Ivan Aditya

BANTEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Provinsi Banten memperkirakan industri pariwisata di wilayah terkena dampak tsunami akan pulih total sekitar enam bulan sampai satu tahun ke depan. Mereka berjanji akan kembali mempromosikan destinasi wisatanya secara bertahap selama waktu tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Banten, Eneng Nurcahyanti menjelaskan saat ini pihaknya masih mengidentifikasi kerusakan bangunan dan fasilitas di objek wisata di sepanjang pantai barat Banten. Sementara untuk perbaikan Eneng menyebut setidaknya butuh waktu hingga tiga bulan.

"Kemarin pak menteri sudah menanyakan, diperkirakan sekitar enam bulan sampai satu tahun untuk normal kembali, perbaikan sekitar tiga bulan," ujar Eneng.

Eneng berkata pada Januari atau Februari tahun depan akan digelar rapat koordinasi menyeluruh untuk mengidentifikasi kebutuhan perbaikan pariwisata di Banten. Selama proses perbaikan ini, pemprov menjanjikan akan kembali mempromosikan objek wisatanya. "Rakor ini akan dilakukan di wilayah Anyer yg tidak terdampak," imbuh Eneng.

Sejumlah objek wisata di pantai barat Banten mengalami kerusakan parah akibat diterjang tsunami pada Sabtu (22/12/2018) lalu. Mereka di antaranya adalah Anyer, Carita, hingga Tanjung Lesung. Khusus untuk Tanjung Lesung yang mengalami kerusakan signifikan, Eneng berpendapat pemulihan di sana butuh waktu lebih lama yakni minimal enam bulan. (*)

BERITA REKOMENDASI