Ini Kata Menaker Tentang Kesejahteraan Buruh Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menyebutkan kunci agar tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan meningkatkan kesejahteraan buruh.

Hanif mengatakan, hubungan industrial yang kondusif antara pemerintah, pengusaha, dan pekerja atau buruh dalam lembaga kerjasama tripartit menjadi kunci utama, untuk menghindari terjadinya PHK, meningkatkan kesejahteraan pekerja atau buruh, dan produktivitas kerja.

Hanif melanjutkan, pemerintah pun terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan berunding yang dimiliki Serikat Pekerja atau Serikat Buruh dan pengusaha, untuk menyelesaikan permasalahan, melalui kegiatan Training of Trainers (ToT).

"Kalau ada masalah harus didiskusikan, terbuka dan saling percaya antara serikat pekerja atau serikat buruh dengan pengusaha. Utamakan dialog sosial dalam menyelesaikan permasalahan,” kata Hanif, Selasa (1/5/2018) dalam keterangannya kepada media.

‎Hanif menuturkan, kemampuan berunding yang mumpuni akan memupuk tumbuhnya budaya dialog sosial dalam perusahaan. Dialog sosial antara Serikat Pekerja atau buruh dan pengusaha dapat menjadi sarana yang tepat dalam menyampaikan aspirasi, serta membuat kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.

"Dialog sosial juga diharapkan dapat mendorong tersusunnya Perjanjian Kerja Bersama (PKB) di perusahaan," ujar dia.(*)

BERITA REKOMENDASI