Ini, Target Kemenhub 2017

JAKARTA (KRjogja.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah memetakan isu strategis pada setiap sektor untuk tahun 2017. Isu ini pun menjadi target Kemenhub untuk diselesaikan pada tahun percepatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada sejumlah target dalam isu strategis yang harus diselesaikan. Pertama mengenai isu transporsi darat. Ada dua isu disektor ini yakni pengelolaan dan penyelenggaran terminal penumpang Tipe A dan Jembatan Timbang. 

"Kedua mengenai peningkayan kapasitas dan pelayanan melalaui pembangunan prasaran terminal, pelabuhan penyebrangan dan angkutan perintis," ujar Budi Karya, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (15/12/2016). 

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini melanjutkan, terkait tranportasi laut, Kemenhub menargetkan peningkatan kapasitas melalui persiapan proses pembangunan Pelabuhan Patimbang dan pelabuhan lainnya. Kemudian meningkatkan konektivitas kawasan terpencil, terbelakang dan mengurangi disparitas harga pada kawasan timur melalui penyelenggaraan tol laut. 

Untuk transportasi perkeretapaian, Kementerian Perhubungan juga menargetkan peningkatan konektivitas antara moda melalui pembangunan akses pelabuhan, bandara dan kawasan industri. "Kita juga menargetkan kapasitas melalui pengembangan pembangunan bandara, sebagai isu strategis transportasi udara. Dan meningkatkan konektivitas kawasan terpencil, terbelakang melalui penyelenggaraan angkutan perintis dan tol udara terintegrasi dengan tol laut," ujarnya. 

Sementara itu, untuk isu strategis pada transportasi perkotaan, Budi Karya menargetkan peran peningkatan peran angkutan umum melalui pengembangan angkutan massal perkotaan seperti LRT Jabodetabek, Sumsel, dan Tram Surabaya. "Kita juga ingin integrasi pelayanan transportasi perkotaan dengan sistem pembayaran e-ticketing terintegrasi," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI