Inkanas DIY Tetap Uji Murid di Masa Pandemi, Ini Alasannya

Editor: KRjogja/Gus

Ketua Majelis Sabuk Hitam Pengda Inkanas DIY, FX Supartono Widodo menambahkan dalam karate, pendidikan karakter menjadi fundamental pelatihan. Karate menurut dia ingin menunjukkan bawasanya bela diri bukan hanya perkara hidup dan mati saja, namun tentang bagaimana mengalahkan diri sendiri.

“Tujuan karate itu, bagaimana bisa mengalahkan diri sendiri, menjadi pribadi yang baik dan santun. Kita punya sumpah karate yang isinya bagaimana menjunjung sportivitas, kejujuran, sopan santun dan etika. Ini yang menjadi dasar, bagaimana pembentukan karakter menjadi yang utama, bukan sekedar olahraga dan prestasi saja,” tandas dia.

Dalam pengujian kenaikan tingkat sendiri, para pelatih mengirimkan video tes para murid untuk tiap jenjang sabuk. Data video dari seluruh Dojo di DIY kemudian dikumpulkan dan dinilai langsung oleh para pengurus Inkanas DIY, hari ini.

“Penilaian akan tetap akurat karena file video yang dikirimkan bersifat utuh, tanpa editing. Jadi murid bisa diketahui detail gerakan-gerakannya. Bahkan jika masih ragu, majelis bisa mengulang jadi hasilnya lebih maksimal,” pungkas Supartono. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI