InpexMasela Kerjasama Usaha dan Jasa

JAKARTA, KRJOGJA.com – InpexMasela Ltd meneken nota kesepakatan penyelenggaran pendidikan dan pelatihan di bidang usaha dan jasa dengan Pemerintah Provinsi Maluku. Inpex dan SKK Migas mendukung dan memfasilitasi keterlibatan sumber daya manusia lokal untuk proyek Abadi Masela agar menimbulkan multiplier effect.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan Proyek Abadi Masela menjadi peluang besar bagi masyarakat Maluku untuk bisa terlibat di dalamnya. Karena itu, nota kesepakatan yang ditandatangani pada Selasa (4/8/2020) bertujuan untuk menyiapkan SDM yang ada di Maluku memiliki kompetensi sesuai standar hulu migas dan harus menjadi perhatian pemerintah daerah.

“SKK Migas mendukung implementasi kerja sama antara pemerintah provinsi Maluku dengan Petrotekno yang hari ini ditandatangani. Ini merupakan langkah maju dan implementasi dari upaya peningkatan kompetensi masyarakat Maluku agar siap untuk berkontribusi dan mendapatkan manfaat dari proyek Abadi Masela” katanya dalam keterangan resminya, Selasa (4/8/2020)

Proyek Abadi Masela yang bernilai investasi mencapai US$19,8 miliar memiliki tingkat kandungan lokal (TKDN) barang dan jasa sebesar 26 persen atau US$5,15 miliar yang setara dengan sekitar Rp75 triliun. Pada masa konstruksi akan menyerap sekitar 30.000 tenaga kerja dan saat operasional akan menyerap sekitar 4.000 tenaga kerja.

Keterlibatan tenaga kerja lokal yang memenuhi kualifikasi hulu migas dan ditempatkan pada posisi yang memiliki keahlian tertentu, akan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat lokal bahwa jika diberikan kesempatan dan pembinaan yang baik, tenaga kerja lokal dapat bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

BERITA REKOMENDASI