INSA Berbagi Bersama 1.000 Anak Yatim

JAKARTA, KRJOGJA.com – Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia (Indonesian National Shipowners’ Association/INSA) memberikan santunan kepada 1.000 anak yatim sebagai wujud syukur eksistensi setengah abad INSA di kancah industri pelayaran nasional. 

Acara yang bertemakan INSA Berbagi digelar di Terminal Penumpang Nusantara Pura 1 dan 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (11/03/2018). Acara tersebut dihadiri oleh para pengurus DPP, DPC INSA dan perusahaan pelayaran nasional anggota INSA.

INSA juga mengajak 1.000 anak yatim melakukan fieldtrip ke daerah pelabuhan untuk memberikan wawasan dan menanamkan budaya maritim sejak dini. Fieldtrip ini dilakukan di pelabuhan lantaran pelabuhan dan pelayaran merupakan aspek yang tak terpisahkan dalam kegiatan perniagaan nasional maupun internasional.

Pada fieldtrip ini anak-anak berkesempatan melihat rangkaian aktivitas di bidang pelayaran yang dimulai dari pelabuhan. Seperti pelayanan kapal (labuh, pandu, tunda, dan tambat), handling bongkar muat (peti kemas, curah cair, curah kering, general cargo, roro), embarkasi dan debarkasi penumpang, jasa penumpukan, dan bunkering.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan, pengenalan wawasan dan penanaman budaya maritim sejak dini merupakan salah satu cara mensukseskan program pemerintah mengedepankan sektor maritim sebagai masa depan bangsa. "Melalui acara ini kami berbagi dengan 1.000 anak yatim sekaligus mengenalkan wawasan dan budaya maritim kepada anak-anak,” jelasnya.

Menurut Carmelita, salah satu tujuan dari acara ini adalah untuk mendorong anak-anak bercita-cita bekerja di industri maritim dan kelautan terutama yang berkaitan dengan INSA. "Kita berharap anak-anak punya ketertarikan dengan dunia maritim, yaitu menjadi pelaut yang berkualitas atau menjadi wirausaha di bidang pelayaran," ujarnya.

Carnelita menambahkan, selama 50 tahun INSA berdiri telah banyak memberikan sumbangan pemikiran dan gagasan dalam mendorong sektor pelayaran nasional. Dalam perjalanannya para anggota INSA juga terus berkontribusi bagi perekonomian nasional. (Imd)

BERITA REKOMENDASI