Investor Kerjasama dengan Kabupaten Perbatasan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pagi ini mempertemukan Kabupaten Nunukan dan PT Togos Makmur Internasional untuk secara bersama-sama menandatangani MoU yang juga turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Johozua M. Yoltuwu, di Kalibata, Jakarta. 

Penandatanganan ini merupakan kesepakatan awal untuk mengembangkan dan mengelola sektor-sektor agribisnis, perikanan, properti dan energi di Kabupaten Nunukan. Bahkan, menjadi komitmen nyata untuk bersama mengembangkan dan mengelola komoditas padi seluas 500 ha, jagung 1000 ha dan singkong 7000 ha.

"Ini merupakan salah satu bentuk konkrit atas upaya kami sejak tahun 2015 lalu mendatangkan investasi di wilayah perbatasan”, ujar Johozua. 

Johozua juga menyampaikan investasi ini sejalan dengan program unggulan Kemendes PDTT yang fokus kepada Pengembangan Produk Unggulan Desa maupun kawasan Desa. 

"Tentunya dari 4 program prioritas mulai dari Bumdes, Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan), Pembangunan Embung untuk Pertanian serta penciptaan Sarana Olahraga Desa, komitmen kedua belah pihak dalam bidang investasi di Produk Unggulan Kawasan Perdesaan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat desa khususnya di desa-desa di Kab. Nunukan serta memicu investasi di wilayah-wilayah lain” imbuh Johozua.

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut atas penerbitan kajian Rencana Bisnis dan Investasi Daerah Perbatasan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2016 lalu. Dari dari 6 (enam) kabupaten daerah perbatasan yang dikaji, lima wilayah akan diintensifkan untuk mendapatkan investasi. Kelima kabupaten tersebut adalah, yaitu: (1) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau; (2) Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara; (3) Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara; (4) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua; dan (5) Kabupaten Belu, Provinsi NTT. (*)

BERITA REKOMENDASI